Liverpool Terapkan Klausul Anti-Barca Usai Kehilangan Coutinho

Liverpool Terapkan Klausul Anti-Barca Usai Kehilangan Coutinho

Gila Bola – Liverpool bertekad amankan para pemain mereka setelah Philippe Coutinho pindah ke Barcelona. The Reds pun terapkan sebuah klausul yang membuat raksasa Catalan itu tak akan bisa membeli pemain mereka hingga tahun 2021.

Coutinho datang ke Camp Nou di bursa transfer musim dingin 2018. Faktanya, di Catalan, Barca pecahkan rekor yang sudah mereka bukukan lewat pembelian Ousmane Dembele, hingga Coutinho menjadi pemain paling mahal dalam sejarah klub tersebut. Secara spesifik, Barca bayarkan 120 Juta Euro plus 40 Juta Euro untuk pencetak gol The Reds tersebut.

The Reds membuat segalanya menjadi sangat sulit bagi Barca, yang mencoba untuk datangkan Coutinho pada musim panas 2017, namun tak berhasil. Jurgen Klopp bersikeras pertahankan pemain itu hingga musim dingin, di mana saat itu tawaran besar bisa datang untuk memboyongnya.

Tapi, selama tarik-menarik negosiasi Coutinho antara Liverpool dan Blaugrana, pihak Anfield memaksa Barca untuk menerima klausul yang sangat aneh, dan itu pernah mereka ungkapkan dalam surat kabar The Times.

Berita Bola Terbaru:
Liverpool Terapkan Klausul Anti-Barca Usai Kehilangan Coutinho
Milan Diminta Tidak Ulangi Kesalahan yang Sama Saat Hadapi Lille
Pelatih PSG Bantah Timnya Hanya Menang Beruntung Lawan RB Leipzig
Ogah Pikirkan Klausul Pelepasannya, Gelandang Andalan Milan Hanya Fokus Bantu Klubnya

Media Inggris itu memastikan, The Reds telah mendesak Barca untuk masukkan klausul di mana Blaugrana tak akan bisa merekrut pemain The Reds hingga musim panas tahun 2021. Jika ada pemain Barcelona yang membujuk pemain sepak bola asal klub Merseyside itu untuk bergabung, maka mereka harus membayar denda sebesar 89 Juta Poundsterling.

Dengan sanksi sebesar itu, Barca pun cukup mengerti untuk tak mengejar pemain manapun dari skuad Liverpool selama dua musim, setelah kepergian Coutinho ke Catalan. Tentunya, ini menjadi sesuatu yang tak disukai di Camp Nou, tapi mereka sudah harus bayarkan penalti saat datangkan Coutinho yang sangat mereka idam-idamkan.

Baca:  Manchester United Berpeluang Lepas Bintangnya ke Skotlandia Walau Diminati Tottenham

Usai menyaksikan kepergian Luis Suarez dari Anfield ke Camp Nou pada tahun 2015 dan Coutinho di tahun 2018, jawara Liga Inggris itu tak ingin diganggu untuk sementara waktu.

Diungkapkan Barca Noticias, saat ini Mohammed Salah, Sadio Mané dan Roberto Firmino menjadi target yang sangat menggoda bagi Barcelona. Tentu saja, situasi ini membuat The Reds khawatir, Blaugrana akan kembali mencoba dapatkan salah satu di antara tiga bintang andalan mereka itu.

Dengan menempatkan klausul ini, Liverpool menilai mereka bisa menghindari kemungkinan tersebut, dan memastikan mereka bisa tetap andalkan kehadiran ketiganya selama setidaknya dua tahun lagi. Harus diakui, ini sebuah langkah cerdas yang bisa dilakukan sebuah klub dalam mempertahankan trisula ofensif mereka yang menakutkan di lapangan.

Barangkali sekarang, lebih dari dua setengah tahun setelah Direktur Olahraga Liverpool, Michael Edwards, berhasil memaksa Barcelona untuk tanda tangani perjanjian itu, pihak Camp Nou merasa menyesal telah menerima kesepakatan tersebut.

Apalagi, Coutinho belum memperlihatkan level permainan yang sama sejak ia datang ke Camp Nou, sementara Salah, Mane dan Firmino tunjukkan prestasi gemilang di Anfield setiap tahunnya dan sukses memenangkan segalanya baik di Liga Inggris maupun kompetisi Eropa.

Sumber: Liverpool Terapkan Klausul Anti-Barca Usai Kehilangan Coutinho
Berita Bola
Video Berita Bola
Video Cerita Bola